Pages - Menu

" Ilmu yang Bermanfaat adalah Ilmu yang Sedikit, tapi Diamalkan "

Blogroll


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Rabu, 19 Maret 2014

Bluetooth dan Wi-Fi

BLUETOOTH



Bluetooth merupakan sistem komunikasi radio jarak dekat yang ditujukan untuk menggantikan kabel sebagai penghubung antar-perangkat portable dan atau antar-perangkat elektronik. Keunggulan Bluetooth antara lain robustness (ketahanan yang baik, seperti terhadap interferensi), perangkat yang tidak kompleks, daya yang rendah dan biaya murah.
Bluetooth beroperasi di pita frekuensi 2,4 GHz yang merupakan pita unlicensed ISM. Penggunaan frekuensi hopping pada transceiver digunakan untuk mengurangi terjadinya interferensi dan fading. Untuk mengurangi kompleksitas pada transceiver digunakan sistem modulasi binary.
Bluetooth memiliki simbol rate 1 Msymbol/s dengan panjang tiap slot 625 ms. Untuk transmisi full duplex digunakan skema Time-Division Duplex (TDD). Tiap-tiap kanal membawa informasi berupa paket-paket. Setiap paket yang dikirimkan memiliki frekuensi hop yang berbeda. Protokol Bluetooth menggunakan kombinasi circuit switching dan packet switching. Slot dapat digunakan untuk sistem komunikasi sinkron atau asinkron, baik untuk data maupun voice.
Kanal voice mendukung 64 kbps kanal (voice) yang sinkron pada setiap arah. Kanal asinkron dapat mendukung maksimal 723.2 kbps asimetrik (dan sampai 57.6 kbps pada arah sebaliknya) atau 433.9 kbps simetris.

-          Struktur Protokol Bluetooth

-          JENIS SALURAN FISIK BLUETOOTH
Antara master dan slave memiliki hubungan dengan dua jenis saluran, yaitu:
      Saluran Synchronous Connection-Oriented (SCO)
      Saluran Asynchronous Connection-Less (ACL)
Saluran SCO adalah hubungan point to point antara master dan slave tunggal dalam piconet dan menggunakan circuit swicthed. Sedangkan saluran ACL menggunakan hubungan point to multi point antara master dan banyak slave dalam piconet dan menggunakan packet switched.
Jenis paket pada saluran SCO menggunakan jalur synchronous SCO. Paket tersebut tidak menyertakan CRC dan tidak ada pengiriman ulang. Paket SCO di-route melalui port sinkron I/O (voice). Paket SCO terdapat tiga jenis: HV1, HV2, HV3.
HV singkatan dari Highquality Voice. Paket HV digunakan untuk transmisi suara dan sinkronous data. Untuk Paket HV tidak pernah terjadi pengiriman ulang.

1.       Paket HV1 membawa 10 byte informasi. Byte informasi itu disertai 1/3 FEC rate. Tanpa CRC dan payload untuk header, panjang payload-nya 240 bits. Paket ini membawa informasi suara dengan 1.25 ms pada rate 64 kbps, sehingga dikirimkan setiap dua time slot (TSCO=2).

2.       Paket HV2
Paket HV2 membawa 20 byte informasi. Byte informasi itu disertai 2/3 FEC rate. Tanpa CRC dan payload untuk header, panjang payload-nya 240 bits. Paket ini membawa informasi suara dengan 2.5 ms pada rate 64 kbps, sehingga dikirimkan setiap empat time slot (TSCO=4).

3.       Paket HV3
Paket HV1 membawa 10 byte informasi. Tanpa CRC, FEC dan payload untuk header, panjang payload-nya 240 bits. Paket ini membawa infomasi suara dengan 3.75 ms pada rate 64 kbps. sehingga akan dikirimkan setiap enam time slot (TSCO=6).

-          METODE KOREKSI ERROR

Terdapat tiga macam skema koreksi error pada Bluetooth, yaitu: 1/3 rate FEC, 2/3 rate FEC, dan skema ARQ untuk data. Tujuan skema FEC pada payload data adalah untuk mengurangi banyaknya retransmisi. Namun akibatnya diperlukan ruang untuk FEC sehingga akan menambah overhead dan akan mengurangi throughput. Header paket selalu menggunakan 1/3 rate FEC.


-          FEC CODE: RATE 1/3
FEC tipe ini paling sederhana, yaitu hanya berupa pengulangan 3 kali setiap bit. Penggunaannya dilakukan pada setiap header dan jenis paket HV1.

 FEC CODE: RATE 2/3
-          Skema ini menggunakan (15,10) Shortened Hamming Code, dengan generator polynomial g(D) = (D + 1)(D4 + D + 1). Kode ini dapat mengoreksi semua error tunggal dan mendeteksi semua error pada setiap codeword. FEC 2/3 rate digunakan pada paket DM, paket DV, paket FHS dan paket HV2.

-          SKEMA ARQ
Skema Automatic Repeat reQuest digunakan untuk tipe paket DM, DH dan field data paket DV, dikirimkan dan di retransmitkan kembali sampai menerima acknowledgement. Untuk menentukan apakah payload benar atau tidak, ditambahkan kode cyclic redundancy check (CRC) pada paket. Skema ARQ hanya bekerja pada payload yang memiliki CRC. Paket header dan voice payload tidak menggunakan skema ini.


Wi-Fi



Wifi adalah sebuah teknologi terkenal yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. Wi-Fi Alliance mendefinisikan Wi-Fi sebagai "produk jaringan wilayah lokal nirkabel (WLAN) apapun yang didasarkan pada standar Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11".Meski begitu, karena kebanyakan WLAN zaman sekarang didasarkan pada standar tersebut, istilah "Wi-Fi" dipakai dalam bahasa Inggris umum sebagai sinonim "WLAN".
"Wi-Fi" adalah merek dagang Wi-Fi Alliance dan nama merek untuk produk-produk yang memakai keluarga standar IEEE 802.11. Hanya produk-produk Wi-Fi yang menyelesaikan uji coba sertifikasi interoperabilitas Wi-Fi Alliance yang boleh memakai nama dan merek dagang "Wi-Fi CERTIFIED".
Wi-Fi mempunyai sejarah keamanan yang berubah-ubah. Sistem enkripsi pertamanya, WEP, terbukti mudah ditembus. Protokol berkualitas lebih tinggi lagi, WPA dan WPA2, kemudian ditambahkan. Tetapi, sebuah fitur opsional yang ditambahkan tahun 2007 bernama Wi-Fi Protected Setup (WPS), memiliki celah yang memungkinkan penyerang mendapatkan kata sandi WPA atau WPA2 router dari jarak jauh dalam beberapa jam saja. Sejumlah perusahaan menyarankan untuk mematikan fitur WPS. Wi-Fi Alliance sejak itu memperbarui rencana pengujian dan program sertifikasinya untuk menjamin semua peralatan yang baru disertifikasi kebal dari serangan AP PIN yang keras.
Sejarah teknologi 802.11 berawal pada putusan Komisi Komunikasi Federal AS tahun 1985 yang merilis pita GSM untuk pemakaian tanpa lisensi. Pada tahun 1991, NCR Corporation bersama AT&T menemukan pendahulu 802.11 yang ditujukan untuk sistem kasir. Produk-produk nirkabel pertama berada di bawah nama WaveLAN.
Istilah Wi-Fi, pertama dipakai secara komersial pada bulan Agustus 1999, dicetuskan oleh sebuah firma konsultasi merek bernama Interbrand Corporation. Wi-Fi Alliance mempekerjakan Interbrand untuk menentukan nama yang "lebih mudah diucapkan daripada 'IEEE 802.11b Direct Sequence'". Belanger juga mengatakan bahwa Interbrand menciptakan Wi-Fi sebagai plesetan dari Hi-Fi (high fidelity); mereka juga merancang logo Wi-Fi.

Wi-Fi Alliance awalnya memakai slogan periklanan untuk Wi-Fi, "The Standard for Wireless Fidelity",tetapi kemudian menghapusnya dari pemasaran mereka. Meski begitu, sejumlah dokumen dari Alliance tahun 2003 dan 2004 masih menggunakan istilah Wireless Fidelity. Belum ada pernyataan resmi mengenai penghapusan istilah ini.

Logo yin-yang Wi-Fi menandakan sertifikasi interoperabilitas suatu produk.

Teknologi non-Wi-Fi yang dibutuhkan untuk titik-titk tetap seperti Motorola Canopy biasanya disebut nirkabel tetap. Teknologi nirkabel alternatif meliputi standar telepon genggam seperti 2G, 3G, atau 4G.
Vic Hayes dijuluki "Bapak Wi-Fi". Ia terlibat dalam perancangan standar pertama IEEE.

Sejumlah besar paten oleh banyak perusahaan memakai standar 802.11.Pada tahun 1992 dan 1996, organisasi Australia CSIRO mendapatkan paten untuk sebuah metode yang kelak dipakai di Wi-Fi untuk menghapus gangguan sinyal.Pada bulan April 2009, 14 perusahaan teknologi setuju membayar $250 juta kepada CSIRO karena melanggar paten-paten mereka. Ini mendorong Wi-Fi disebut-sebut sebagai temuan Australia,meski hal ini telah menjadi topik sejumlah kontroversi. CSIRO memenangkan gugatan senilai $220 juta atas pelanggaran paten Wi-Fi tahun 2012 yang meminta firma-firma global di Amerika Serikat membayar hak lisensi kepada CSIRO senilai $1 miliar.

Tahun 1999, Wi-Fi Alliance dibentuk sebagai sebuah asosiasi dagang untuk memegang merek dagang Wi-Fi yang digunakan oleh banyak produk.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads